Kamis, 11 Februari 2010



Tubuh - dijuluki GJ1214b - adalah bintang tuan rumah remang-remang melingkari GJ1214 setiap 38 jam pada jarak hanya 1,3 juta mil.
Bintang yang sederhana suhu permukaan 2.700 ° C, meskipun, berarti bahwa GJ1214b sendiri adalah nyaman 200 ° C.

Planet memiliki massa dan jari-jari 6,5 dan 2,7 kali Bumi, masing-masing. Kepadatan diperoleh dari angka-angka tersebut "menunjukkan bahwa GJ1214b terdiri dari sekitar tiga perempat air dan es lainnya, dan satu-keempat batu".

CFA mahasiswa pascasarjana Zachory Berta, yang pertama kali diidentifikasi planet, mengatakan: "Meskipun suhu panas, ini tampaknya menjadi Waterworld. Hal ini jauh lebih kecil, dingin, dan lebih Earthlike daripada planet ekstrasurya yang dikenal lainnya."

Penemuan ini dibuat sebagai bagian dari tanah berbasis MEarth Project, yang menggunakan "array dari delapan identik 16-inch-diameter Optical Sistem RC teleskop yang memantau pra-daftar yang dipilih 2.000 bintang kerdil merah".

CFA menguraikan: "Setiap teleskop bertengger di Software yang sangat akurat dan saluran Paramount Bisque cahaya untuk sebuah kamera U42 Alta Apogee berisi charge-coupled device (CCD) chip, yang amatir juga banyak digunakan."

The 'cakupan mengawasi keluar untuk dips di kecerahan di mana sebuah planet ekstrasurya inangnya bintang transit. Sedangkan super-Bumi (antara lima 5 dan 10 massa Bumi) transit bintang terang seperti matahari kita tidak mungkin dilihat dari bumi, orang-orang seperti transit GJ1214b yang remang-remang host berada dalam kemampuan tanah berbasis teknologi.

Dalam kasus ini, GJ1214 adalah sekitar seperlima ukuran matahari dengan luminositas "hanya tiga-ribu sebagai terang".

Setelah membuat penemuan mereka, tim yang CFA kemudian menggunakan High Accuracy Radial Velocity Planet Searcher (harpa) spektrograf di Observatorium Selatan Eropa "untuk mengukur massa pendamping dan memastikan itu adalah planet".

Sifat dari GJ1214b tidak diketahui, tetapi Berta menyarankan "beberapa planet air harus dalam bentuk bahan-bahan eksotis seperti Es VII", yang digambarkan sebagai "suatu bentuk kristal air yang ada pada tekanan yang lebih besar dari 20.000 kali Bumi permukaan laut suasana ".

The CFA juga memiliki bukti menggoda suasana yang mengelilingi planet ini, sejak kapan tim "membandingkan radius GJ1214b diukur untuk model-model teoretis, mereka menemukan bahwa jari-jari yang diamati melebihi model prediksi, bahkan dengan asumsi planet air murni".

Anomali ini dapat dijelaskan oleh sebuah atmosfer yang tidak ramah "mendidihkan secara bertahap", meskipun itu akan jatuh ke instrumen berbasis wahana antariksa seperti teleskop luar angkasa Hubble untuk menentukan fakta-fakta.

Kepala proyek MEarth David Charbonneau menyimpulkan: "Karena planet ini begitu dekat ke bumi, Hubble harus mampu mendeteksi atmosfer dan menentukan apa itu terbuat dari. Itu akan membuatnya menjadi super-Bumi pertama dengan suasana yang dikonfirmasi - meskipun itu suasana mungkin tidak akan ramah untuk kehidupan seperti yang kita tahu itu. "

Tidak ada komentar: