Senin, 25 Januari 2010


Gambar diatas: Port-au-Prince Haiti daerah dilihat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional hari setelah daerah itu rusak berat oleh gempa bumi berkekuatan 7,0 pada Jan 12. Kredit: NASA

+ View more images

Setelah akhir pekan yang sibuk, Ekspedisi 22 awak kapal yang mengorbit Stasiun Luar Angkasa Internasional mengabdikan sebagian besar waktu hari Senin untuk berbagai eksperimen sains.

Engineer penerbangan Oleg Kotov bekerja dengan Plasma Crystal-3 Plus percobaan, yang terdiri dari serangkaian tes yang mempelajari keadaan plasma, termasuk suhu dan tekanan di mana fase cair dan gas suatu zat menjadi identik. Penyelidikan ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik lingkungan ruang.

Penerbangan Engineer Soichi Noguchi menghabiskan waktu di Marangoni percobaan, percobaan fisika fluida yang memperhatikan aliran fluida didorong oleh tegangan permukaan.

Penerbangan Engineer Maxim Suraev memiliki sesi dengan penilaian perilaku Rusia tipologi, menyiapkan workstation, menghubungkan peralatan, bahan setelan dan meluncurkan program pada komputer laptop. Tipologi mengukur psikofisik kru negara anggota dan kemampuan untuk menghadapi tekanan, untuk melakukan dan untuk berkomunikasi. Sebuah EEG mengukur dan mencatat aktivitas listrik otak.

Sabtu, 22 Ekspedisi Komandan Jeff Williams dan Penerbangan Engineer TJ Creamer digunakan Canadarm2, stasiun lengan robotik, untuk memahami dan menghapus Perkawinan bertekanan Adapter-3 (PMA-3) dari pelabuhan Kesatuan sisi tempat tidur node dan kemudian ke puncak, atau top, samping Harmony node. Ini dilakukan untuk membebaskan port Kesatuan sisi untuk instalasi dari node Tranquility bulan berikutnya selama STS-130 misi ulang alik Endeavour.

Enam anggota awak Endeavour ditargetkan untuk memulai pada tanggal 7 dan memberikan Tranquility simpul dan kubah.

Pada Hari Penerbangan 9 dari STS-130, PMA-3 akan ditempatkan satu lagi, ke ujung depan Tranquility, satu hari setelah kubah terlepas dari akhir yang sama yang akan diinstal pada titik nadir, atau Bumi yang menghadap, port Tranquility.

Yang modul pelayanan Zvezda mesin itu ditembakkan Minggu, mengangkat stasiun orbit. Ini adalah yang kedua dari dua reboost manuver, yang pertama dilakukan Jumat, dirancang untuk membawa stasiun ke ketinggian yang tepat untuk docking dari Endeavour direncanakan untuk Februari 9.

Endeavour sebelum datang, 36 kendaraan Kemajuan Rusia dimuat dengan persediaan untuk menggantikan Stasiun Luar Angkasa Internasional akan diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada tanggal 3 dan dermaga dua hari kemudian.

Pekan lalu kru stasiun menerima akses pribadi ke internet dan World Wide Web untuk pertama kalinya. Expedition 22 Flight Engineer T.J. Creamer membuat penggunaan pertama dari sistem baru diposting hari Jumat, ketika ia tanpa bantuan pertama update ke account Twitter, @ Astro_TJ, dari stasiun ruang angkasa.

> NASA Extends World Wide Web Out Into Space
> Baca T.J. Creamer menciak pertama dari angkasa
> Dengarkan Komandan Jeff Williams mengucapkan terima kasih kepada tim tanah untuk bekerja

Tidak ada komentar: